Hanya Enam Klub Lolos Verifikasi AFC

Persibo Bojonegoro, Persik Kediri, PSIS Semarang, Persikota Tangerang, Persis Solo dan Persebaya Surabaya dinilai layak mengikuti kompetisi profesional.

PSSI akhirnya mengumumkan klub-klub mana saja yang layak untuk bermain di kompetisi profesional musim depan. yang mengejutkan, hanya ada enam klub yang lolos verifikasi AFC dan dinyatakan berhak tampil di liga profesional.

Dan yang tidak kalah mengejutkan, ke-enam klub yang lolos verifikasi tersebut tidak ada yang menjadi peserta Superliga Indonesia musim 2010/11 kemarin. Ke-enam klub tersebut adalah Persibo Bojonegoro dengan 95,6 poin, Persik Kediri 95,6 poin, PSIS Semarang 92,3 poin, Persikota Tangerang 96 poin, Persis Solo 96,7 poin, dan Persebaya Surabaya 95,7 poin.



“Dari 34 tim yang sebelumnya dinyatakan ada di level profesional. Setelah diverifikasi, ternyata hanya ada enam klub yang dianggap klub profesional oleh AFC. Ironisnya, keenam klub itu tidak bermain di Superliga musim lalu,” ungkap Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI Toni Apriliani.

"Poin badan hukum dan audit (keuangan) bernilai tinggi. Keenam tim itu dinyatakan profesional karena mampu melengkapi 15 poin yang disyaratkan sebagai klub profesional. Setelah verifikasi dokumen, AFC nanti akan datang ke Indonesia dan melihat langsung fasilitas stadion," tambahnya.

Klub-klub besar Indonesia yang dinilai pantas berada di level profesional tidak memiliki beberapa kelengkapan verifikasi. Persipura Jayapura hanya memperoleh 81,4 poin, Persija Jakarta 90,1 poin, sementara Arema memperoleh dua penilaian yaitu Arema versi Rendra Kresna mendapatkan 77 poin dan Arema versi Lucky mendapat 71,4 poin.


Belum lengkapnya beberapa persyaratan yang ditentukan AFC membuat klub-klub dinilai belum layak bermain di liga profesional musim 2011/2012. 

Oleh Tegar Paramartha 
Sumber: goal.com

 
Copyright  © 2007 | Design by uniQue             Powered by    Login to Blogger