Persijap Paksa Persija Telan Kekalahan Telak

M Yasir bermain cemerlang di pertandingan ini untuk mementahkan peluang yang diperoleh Persija.
Oleh Donny Afroni
Persijap Jepara berhasil bangkit dari ketertinggalan ketika menggasak Persija Jakarta 4-1 di Stadion Gelora Bumi Kartini, Selasa [22/3], dalam lanjutan Superliga Indonesia 2010/11.

Kemenangan itu tidak mengubah posisi Persijap di klasemsen sementara. Laskar Kalinyamat tetap berada di peringkat
13 usai mengoleksi poin 17 dari 17 pertandingan yang telah dijalani.

Begitu juga dengan Persija yang tetap di posisi kedua. Tim Macan Kemayoran mengumpulkan poin 32. Raihan angka Persija sama dengan Persisam Samarinda, namun tim besutan Rahmad Darmawan ini unggul selisih gol. Bagi Persija, ini merupakan kekalahan telak pertama yang diraih Persija pada musim ini.

Sukses ini mempunyai arti tersendiri bagi Alberto 'Beto' Goncalves. Pasalnya, laga melawan Persija merupakan kali pertama Beto mencetak gol bersama Persijap. Di pertandingan ini, Beto melesakkan dua gol. Persijap juga patut berterima kasih kepada kiper M Yasir yang bermain cemerlang untuk mementahkan sejumlah peluang emas milik Persija.

Dalam pertandingan ini, Persija sebetulnya mendominasi permainan dibandingkan tuan rumah. Pelatih Persijap Suimin Diharja menerapkan skema bertahan sambil sesekali melakukan serangan balik. Suimin juga menempatkan ujung tombak Johan Juansyah sebagai gelandang. Namun skema itu dapat berjalan baik.

Laga berjalan sembilan menit, Greg Nwokolo sudah menebarkan ancaman. Tapi tendangan keras striker Persija itu dari luar kotak penalti masih bisa dibendung M Yasir.

Upaya Persija untuk unggul lebih dulu membuahkan hasil pada menit ke-23. Greg yang menusuk dari sisi kanan pertahanan Persijap berhasil masuk ke dalam kotak penalti, dan memberikan umpan kepada Agu Casmir, yang langsung menceploskan bola ke gawang M Yasir.

Tertinggal satu gol, Persijap berusaha bangkit. Serangan balik cepat dikembang tim tuan rumah untuk membongkar pertahanan lawan. Persijap mendapat peluang ketika Gendut Doni melepaskan tendangan keras, namun bola dapat ditepis Hendro Kartiko.

Publik tuan rumah akhirnya bersorak kegirangan ketika tandukan Evaldo Silva memanfaatkan umpan Jose Sebastian di menit ke-29 menyamakan kedudukan. Skor 1-1 bertahan hingga babak pertama usai.

Di babak kedua, Persija tetap menerapkan permainan agresif. Kecemerlangan M Yasir mementahkan peluang yang diperoleh tim tamu di awal babak kedua. Pada menit ke-53, M Yasir berhasil memblok tendangan Greg.

Keasyikan menyerang, Persija lengah di pertahanan. Persijap berbalik unggul melalui gol Beto pada menit ke-61 menyambut bola muntah tendangan Rizky Novriansah.

Persija mencoba memberikan respon. Selang tujuh menit kemudian, tim Macan Kemayoran mendapat peluang melalui Bambang Pamungkas yang lepas dari jebakan off-side. Bambang yang sudah berhadapan dengan M Yasir gagal menyelesaikannya dengan baik, karena kiper Persijap itu berhasil memblok tendangannya.

Pada menit ke-82, Persijap memperbesar keunggulan lewat gol Rizky memanfaatkan bola muntah tendangan Johan Juansyah dari luar kotak penalti. Gol Beto pada masa injury time memastikan Persijap memetik kemenangan 4-1.


Sumber: goal.com

 
Copyright  © 2007 | Design by uniQue             Powered by    Login to Blogger