Jelang Persija vs Persita

http://the-jakmania.blogspot.comLaga kontra Persib telah berhasil kita lewati dengan sukses. Di depan telah menunggu Persita
yang juga tidak bisa dianggap remeh. Namun kali ini Persija akan bermain di kandangya yang baru Stadion Utama Gelora Bung Karno. Pertandingan kandang perdana dalam suasana penuh optimisme usai menerkam maung maka kemenangan tentu menjadi harga mati yang tak bisa ditawar lagi.

Namun kali ini gue justru lebih tertarik untuk menulis tentang persiapan The JakMania dalam menghadapi pertandingan ini.


Kita semua sudah tahu apa yang terjadi dalam laga Persija vs Persib kemarin. Kekalahan Persib 2-3 dari Persija tidak dapat diterima oleh para pendukungnya. Akhirnya terjadi kerusuhan di dalam dan di luar stadion. Kita juga tahu akibat hal ini maka komdis memberikan sangksi antara lain melarang bobotoh hadir ke stadion dengan atribut Persib.

Cukup disayangkan, gara-gara ulah sebagian bobotoh maka seluruh pendukung Persib yang kena getahnya. Apalagi hukuman yang dijatuhkan juga tidak bisa menjamin tidak terulangnya kerusuhan di kemudian hari. Namun setidaknya ini bisa memberikan pelajaran bagi siapapun untuk lebih serius lagi memerangi kerusuhan dalam sepakbola, terutama bagi anak-anak The JakMania...!

Segera setelah kerusuhan terjadi, banyak situs di internet kebanjiran komentar yang kebanyakan bernada hujatan, celaan, makian sampai sumpah serapah. Banyak juga di antara mereka yang memakai identitas The Jak. Walau banyak juga yang bisa memberikan komentar dengan kepala dingin namun tetap keras.star

Semua itu mestinya dapat menjadi pelajaran berharga bagi The JakMania khususnya dalam pertandingan kandang Persija nanti. Jangan sampai kejadian di Bandung kemarin terulang di Senayan. Kejadian kemarin adalah bukti nyata bahwa fanatisme buta, dendam dan kekerasan adalah KEBODOHAN.

Buat mereka yang kemarin sempat mencaci aksi bobotoh yang rusuh maka besok harus menunjukkan bahwamereka tidak akan melakukan hal serupa. Jika kalian teriak hal itu sebagai norak, kampungan, tidak dewasa dsb. Maka buktikanlah kalau kalian tidak akan melakukan hal yang norak, kampungan dan tidak dewasa.

Dan pertandingan kontra Persita, Senin besok akan menjadi pembuktian pertama. Apakah kita, The JakMania, adalah supporter sejati yang tidak norak dan kampungan. Atau sebaliknya???

Syukur ketika membuka situs The JakMania Online sudah ada BF yang menyuarakan agar para The Jakers dapat menjaga sikap dengan baik sebagai tuan rumah. BF juga sudah menyrankan agar pengurus The Jak dapat melakukan koordinasi yang baik dengan berbagai pihak untuk mencegah hal yang tidak diinginkan. Koordinasi ini juga diharapkan termasuk dengan komunitas pendukung Persita yang memiliki sejarah kurang baik dengan The JakMania.

Jika perlu, The Jak ikut melakukan pengawalan terhadap tim dan supporter tamu sebagaimana yang telah dilakukan oleh bobotoh terhadap tim Persija menjelang pertandingan. Pengawalan dilakukan sebelum dan sesudah pertandinganpeluk. Sehingga kemungkinan adanya tindakan negatif terhadap tamu dapat diminimalisir.

Jika The JakMania dapat menjadi tuan rumah yang baik pada pertandingan besok maka ini akan menjadi pukulan telak bagi Viking yang selama ini selalu memusuhi The JakMania. Sebaliknya jika sampai ada insiden yang melibatkan The JakMania, tentu akan menjadi sasaran empuk bagi mereka untuk balik mencaci dan mencerca. Jika sudah begitu, semakin sulit mengharapkan kedamaian akan terwujud.takboletakboletakbole

Maka dewasalah dalam berpikir dan bertindak. Hindari kekerasan. Dukung Persija dengan penuh semangat lewat yel-yel dan lagu. Bukan dengan kerusuhan yang justru merugikan tim Persija secara keseluruhan.marahmarahmarah

Jika kita memang benar-benar mencintai Persija, gue yakin kita bisa melakukan itu.
Ayo buktikan...!!!


Anonim mengatakan...

persija jakarta
persija klhn persita tanggerang qmu psti bsa klhkan tanggerang bambang gol kn 2gool ja

 
Copyright  © 2007 | Design by uniQue             Powered by    Login to Blogger